Manual Guide Dumas Presisi

- Untuk Masyarakat

  1. Laporan

    1. Laporan Saya

      1. Melihat Detail Aduan

        1. Buka menu Laporan, submenu Aduan Saya

          Setelah itu, akan tampil seluruh aduan Anda yang sudah terdaftar pada aplikasi.

        2. Klik tombol detail pada salah satu aduan yang ingin Anda lihat detailnya

        3. Setelah itu, Anda akan melihat halaman detail aduan. Di halaman ini, Anda hanya bisa melihat detail dari aduan tersebut.

      2. Memfilter Status Aduan

        1. Buka menu Laporan, submenu Aduan Saya

          Setelah itu, akan tampil seluruh aduan Anda yang sudah terdaftar pada aplikasi.

        2. Klik pilihan filter status aduan yang terletak di bawah judul halaman "Laporan Masyarakat". Lalu pilih salah satu dari status laporan.

        3. Contoh, ketika memfilter aduan yang berstatus Diproses, maka seluruh aduan yang terdaftar pada tabel akan terfilter secara otomatis.

      3. Menambah Aduan Baru

        1. Buka menu Laporan, submenu Aduan Saya

          Setelah itu, akan tampil seluruh aduan Anda yang sudah terdaftar pada aplikasi.

        2. Klik tombol tambah di sudut kanan atas

          Setelah itu Anda akan melihat dua formulir yang harus Anda isi:

          1. Identitas Pelapor
          2. Detail Aduan

          Pada formulir identitas pelapor, Anda diwajibkan untuk mengisi:

          1. NIK dari Pelapor.
          2. Nama Pelapor.
          3. Golongan Sumber Pelapor, pilih salah satu.
          4. Detail Golongan Sumber Pelapor, pilih salah satu, data dropdown akan muncul setelah Anda memilih Golongan Sumber Pelapor.
          5. Tempat Lahir Pelapor.
          6. Tanggal Lahir Pelapor.
          7. No. HP pelapor, pastikan Anda mengisi kolom No. HP yang diawali dengan 62 tanpa simbol dan spasi. Seperti contoh: 6281243211234.
          8. Email pelapor, pastikan email pelapor adalah email yang valid.
          9. Alamat lengkap pelapor.
          10. Jenis kelamin pelapor.

          Pada formulir detail aduan, Anda diwajibkan untuk mengisi:

          1. Nama terlapor, jika pelapor tidak mengetahui, isikan dengan strip atau tulis dengan "tidak diketahui".
          2. Alamat terlapor, jika pelapor tidak mengetahui, dapat dikosongkan.
          3. Isi aduan.
          4. Lampiran, Anda bisa mengisi lebih dari satu (1) lampiran.
        3. Isi Identitas Pelapor, contoh:

        4. Isi Detail Aduan, contoh:

        5. Klik tombol simpan yang ada di kanan bawah.

          Jika sistem berhasil menyimpan aduan Anda, maka akan terdapat alert yang menyatakan bahwa aduan berhasil dibuat.

    2. Angket

      1. Mengisi Angket

        1. Buka menu Laporan, klik submenu Angket

          Setelah itu, akan tampil halaman Angket.

        2. Untuk mengisi Angket, klik tombol Isi Angket yang ada di kanan bawah.

          Setelah itu akan muncul tujuan formulir tujuan angket.

        3. Pilih salah satu tujuan angket Anda.

          Setelah memilih tujuan, Anda akan melihat seluruh pertanyaan yang Anda harus pilih jawabannya satu per satu.

        4. Setelah Anda yakin telah mengisi angket yang sesuai, klik tombol Simpan yang ada di kanan bawah.

          Jika sistem berhasil menyimpan angket, akan muncul alert yang menandakan bahwa sistem berhasil menyimpan angket.

  2. Pengaturan

    1. Ubah Email

      1. Buka menu Pengaturan

        Setelah itu, Anda akan melihat halaman Pengaturan Akun.

      2. Isikan email baru Anda pada kolom "Email baru Anda".

        Konfirmasikan email pada kolom "Konfirmasikan email baru Anda".

      3. Tekan tombol simpan di kanan bawah formulir Ubah Email.

        Jika sistem berhasil memperbarui email Anda, maka sistem akan memunculkan alert yang menyatakan bahwa email Anda berhasil diubah.

    2. Ubah Kata Sandi

      1. Buka menu Pengaturan

        Setelah itu, Anda akan melihat halaman Pengaturan Akun.

      2. Isikan password lama Anda pada kolom "Password Lama".

        Isikan password baru Anda pada kolom "Password Baru"

        Konfirmasikan password baru Anda pada kolom "Konfirmasi Password Baru"

      3. Tekan tombol simpan di kanan bawah formulir Ubah Kata Sandi.

        Jika sistem berhasil memperbarui kata sandi Anda, maka sistem akan memunculkan alert yang menyatakan bahwa kata sandi Anda berhasil diubah.